RAHENZI, HAWANI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DI MTS MULIA SEI BALAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111012 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4132111012 LEMBAR PENGESAHAN fix.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3. NIM. 4132111012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 4132111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5. NIM. 4132111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 4132111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 4132111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 4132111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4132111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 4132111012 BAB 1.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
14. NIM. 4132111012 BAB 5.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
15. NIM. 4132111012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada tipe TPS pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Mulia Sei Balai T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II MTs Mulia Sei Balai yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 192 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 32 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 82,75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 76,9375. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 62 dan = 0,05, diperoleh thitung = 1,8450 dan ttabel = 1,6697 sehingga thitung > ttabel yaitu 1,8450 > 1,6697 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari model pembelajaran TPS pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Mulia Sei Balai T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 071 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Pembelajaran STAD; Pembelajaran TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 03 May 2018 14:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30272 |