LESTARI, INDAH (2018) PENGARUH FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP PEMAHAMAN GURU TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK SDN 101799 KECAMATAN DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111005_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 1142111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 1142111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1142111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 1142111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 1142111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 1142111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1142111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
13. NIM. 1142111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1142111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Focus Group Discusssion
terhadap pemahaman guru tentang pendekatan saintifik SD Negeri 101799
Kecamatan Deli Tua .
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Alasan
digunakannya metode ini karena metode eksperimen merupakan salah satu metode
yang sudah baku dan teruji dalam berbagai kegiatan penelitian. Adapun desain
penelitian eksperimen yang digunakan yaitu Quasy-eksperimen dengan bentuk
Nonrandomized control group pre-test post-test design. Eksperimen ini terdiri dari
dua kelompok yang akan diberikan perlakuan yang berbeda, kemudian pada dua
kelompok ini dikenakan pre-test sebelum dilakukan perlakuan. Dengan demikian
hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan
keadaan sebelum diberikan perlakuan dengan memberikan post-test. Variabel dalam
penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Penggunaan metode Focus Group
Discussion dan variabel terikat Pemahaman guru tentang pendekatan saintifik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t yang sebelumnya sudah diketahui
hasil uji normalitas dan homogenitasnya.
Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh nilai rata – rata kelas pre-test
kelas eksperimen = 58,64 dan kelas control 52,73. Selanjutnya nilai rata – rata posttest
kelas eksperimen = 79,09 dan kelas kontrol = 63,66. Terdapat pengaruh positif
penggunaan metode Focus Group Discussion terhadap pemahaman guru tentang
pendekatan saintifik dengan rhitung sebesar 0,4227 dan rtabel sebesar 1.090909
mempunyai tingkat reabilitas yang baik (tinggi). Terhadap uji normalitas diperoleh
skor nilai 0.130. Sebagai pedoman, jika sig > 0,05 maka data berdistribusi normal,
sebaliknya jika sig < 0,05 maka data tidak berdistribusi normal. Terhadap uji
homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,58 sedangkan Ftabel sebesar 1,81. Artinya
Fhitung < Ftabel (1,58 < 1,81) sehingga menyatakan Metode FGD (X) dan Pemahaman
guru tentang pendekatan saintifik (Y) adalah homogen.
Dengan demikian uji t diperoleh thitung sebesar 2,267 sedangkan ttabel sebesar
1,71472 artinya thitung >thitung (2,267 > 1,7147) sehingga hipotesis menyatakan bahwa
ada pengaruh positif Penggunaan metode FGD terhadap pemahaman guru tentang
pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 101 |
Keywords: | FOCUS GROUP DISCUSSION, PENDEKATAN SAINTIFIK,GURU |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 03 May 2018 13:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30270 |