Adawiyyah, Fikri (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111033_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1141111033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 1141111033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1141111033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 1141111033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1141111033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1141111033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111033_BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
10. NIM. 1141111033_BAB II.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
11. NIM. 1141111033_BAB III.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
12. NIM. 1141111033_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1141111033_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 1141111033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
15. NIM. 1141111033_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa melalui penerapan metode Tutor Sebaya di kelas V SD Negeri 101776 Sampali tahun ajaran 2017/2018.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27
orang siswa dengan 19 orang jumlah siswa laki-laki dan 8 orang jumlah siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes performance membaca puisi serta observasi. Pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang teradi di dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, terdapat kemampuan
membaca puisi siswa masih tergolong rendah, dari 27 orang siswa pada saat membacakan puisi, perolehan hasil nilai tes awal terdapat 7 siswa yang mampu membacakan puisi dengan persentase 25,93% dan yang belum mampu sebanyak
20 siswa dengan persentase 74,07% dengan rata-rata nilai klasikal sebesar 47,22.Peneliti menindaklanjuti pada siklus I dengan menerapkan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa, perolehan hasil siklus I meningkat menjadi 13 siswa yang mampu membacakan puisi dengan persentase 48,15% dan yang belum mampu membacakan puisi terdapat 14 siswa dengan persentase 51,85% dengan rata-rata nilai klasikal 57,77. Berdasarkan
kesimpulan sementara, bahwa kemampuan membaca puisi siswa belum sesuai dengan yang diharapkan atau belum mencapai tingkat persentase ketuntasan klasikal yang baik, sehingga perlu pebaikan dan pengembangan pada siklus II.Pada siklus II perolehan kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 24 siswa yang mampu membacakan puisi dengan persentase 88,89% dan siswa yang belum mampu membaca puisi sebanyak 3 orang siswa dengan persentase 11,11%
dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 68,88.Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan dengan menggunakan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa di kelas V SD Negeri 101776 Sampali tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 091 |
Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA PUISI, METODE TUTOR SEBAYA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 10:52 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 10:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30207 |