UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018

TUMANGGOR, EXAUDI (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5131121005_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5131121005_COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5131121005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5131121005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5131121005_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5131121005_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5131121005_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5131121005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5131121005_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5131121005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5131121005_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5131121005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5131121005_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5131121005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5131121005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5131121005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5131121005_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5131121005_BAB I.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5131121005_BAB II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5131121005_BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 5131121005_BAB III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 5131121005_BAB III.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5131121005_BAB IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5131121005_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5131121005_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5131121005_BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5131121005_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5131121005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5131121005_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5131121005_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan standar ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh pihak sekolah SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan adalah 75, Siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran Teknologi Mekanik. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD). Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam belajar, bekerja sama dengan pasangan dan dapat mengembangkan mental dalam menyampaikan pendapat tentang materi yang diberikan oleh guru serta menumbuhkan semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pengetahuan bahan. Berdasarkan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas x Teknik pemesinan pada mata pelajaran Teknologi mekanik di SMK 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil observasi pembelajaran guru (peneliti) pada pertemuan siklus I mendapatkan nilai 73,33 dengan kategori cukup baik, pada pertemuan siklus II hasil observasi guru terjadi peningkatan menjadi 90,00 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat sebanyak 19 orang siswa dengan 63,33% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 11 orang siswa sebanyak 36,67% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 67,50. Karena hasil siklus I masih rendah, maka dilakukan siklus II. Pada hasil belajar siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 orang siswa 86,67% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 4 orang siswa 13,33% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 79,17. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas x Teknik pemesinan pada mata pelajaran Teknologi mekanik di SMK 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MSN 021
Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), HAsil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 30 Apr 2018 10:42
Last Modified: 30 Sep 2021 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30204

Actions (login required)

View Item
View Item