MANALU, ELSARIA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEER TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111021_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1143111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 1143111021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143111021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1143111021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 1143111021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1143111021_BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM. 1143111021_BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 1143111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
15. NIM. 1143111021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode peer teaching pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa dan lembar observasi.
Berdasarkan temuan hasil Pre Test (test awal) yang berjumlah 25 siswa,masih banyak siswa yang memiliki hasil belajar di bawah KKM yaitu di bawah 65 dengan nilai rata-rata 50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 24%, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (pre test) siswa masih tergolong sangat rendah. Dari perolehan hasil pre test tersebut, peneliti menindak lanjuti dan melanjutkan ke Post Test siklus I. Pada siklus I nilai siswa mulai
meningkat dengan nilai rata-rata 67,6 dan ketuntasan klasikal sebesar 60%.Namun berdasarkan kriteria penentuan tingkat keberhasilan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih
tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test siklus II, pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88% yang berarti membuktikan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah meningkat dan berhasil karena telah mencapai 80% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80,2 yang termasuk dalam kategori baik.
Peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat Tahun ajaran 2017/2018. Sebagai tindak lanjut maka
dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika diharapkan kepada guru tidak hanya menggunakan metode konvensional, namun dapat merancang dan mengembangkan suatu metode pembelajaran yang dapat
mengaktifkan siswa untuk belajar, salah satunya dengan menggunakan metode
peer teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 084 |
Keywords: | metode, hasil belajar, peer teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 11:42 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30145 |