Lubis, Ayu Aulia Surhana (2018) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA CITRA INDONESIA MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111016_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1141111016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 1141111016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1141111016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1141111016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1141111016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1141111016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1141111016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1141111016_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 1141111016_BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 1141111016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya partisipasi yang dilakukan oleh orang tua. Disini orang tua kurang mempunyai kepedulian terhadap belajar anak dan kurang membantu
belajar anak. Keberadaan orang tua merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pendidikan dengan tujuan untuk membekali anak dalam memecahkan segala masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya, baik pribadi ataupun
sekolah. Tanpa partisipasi dari orang tua, anak cenderung tidak bisa mengembangkan potensi dirinya.
Jenis penelitian ini ialah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara duavariabel tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Citra Indonesia pada kelas V. Populasi pada penelitian ini adalah 44 siswa dan menggunakan teknik total sampling, dimana seluruh populasi dipilih
sebagai sampel. Dalam hal ini, hasil penelitian sesuai dengan kajian teori dan kerangka berpikir penelitian dimana partisipasi dari orang tua merupakan salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya hasil belajar IPA siswa. Siswa tidak akan mengalami Kendala apapun ketika belajar di sekolah apabila orang tuanya ikut berpartisipasi terhadap pendidikan anaknya. Ikutnya partisipasi orang tua sangat berperan penting dalam membantu proses belajar anak di sekolah, dengan memberikan partisipasi dalam berbagai aspek dari orang tua maka siswa tidak akan mengalami kendala dalam belajar, sehingga pembelajaran dapat berlangsung
sesuai dengan apa yang diharapkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan pula. Dengan demikian, berdasarkan hipotesis yang diuji, berbunyi : Terdapat hubungan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar IPA, dapat diterima, yakni thitung > ttabel yaitu 2,695 > 2,018. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi partisipasi orang tua maka akan semakin tinggi juga hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 082 |
Keywords: | Partisipasi ; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 10:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30139 |