LUBIS, FITRI ANNISA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101736 MEDAN KRIO T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111034_COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 1141111034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM. 1141111034_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 1141111034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1141111034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 1141111034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1141111034_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1141111034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1141111034_BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 1141111034_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1141111034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah
pada mata pelajaran IPA, karena pembelajaran masih berpusat pada guru
dan penggunaan model pembelajaran masih kurang bervariasi dengan
hanya menggunakan metode ceramah saja. Adapaun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mat a IPA di kelas
V SD Negeri 101736 Medan Krio T.A 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan
jumlah siswa 40 orang, yang terdiri dari 20 orang siswa laki – laki dan 20
orang siswa perempuan. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam dua
siklus dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tekhnik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar
observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan
observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa, sebagai tolak
ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila
tingkat ketuntasan klasikal sebesar 75%.
Berdasarkan analisis data pada saat pre test dari 40 siswa yang
tuntas sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 30% dan yang tidak
tuntas sebanyak 28 orang dengan persentase 70% dengan nilai rata – rata
54,62. Setelah melakukan post test siklus I diperoleh hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA yang tuntas hasil belajanya sebanyak 21 orang
dengan persentase 52,5% dan yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak
19 orang dengan persentase 47,5% dengan nilai rata – rata 60,87.
Perolehan hasil siklus I perlu ditindak lanjuti pada siklus II post test II
dengan perolehan hasil secara signifikan menjadi yang tuntas hasil
belajarnya sebanyak 36 orang siswa dengan persentase 90% dan yang
tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 4 orang siswa dengan persentase
10% dengan nilai rata – rata 75,75.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada
materi pokok cahaya dan sifat – sifatnya di kelas V SD Negeri 101736
Medan Krio T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 083 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 10:40 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30137 |