SULISTIANA, HASMARITA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI KELAS V SDN 101797 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311022_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143311022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1143311022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM. 1143311022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 1143311022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143311022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143311022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143311022_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 1143311022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 1143311022_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok keputusan bersama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SDN 101797 Deli Tua T.A 2017/2018.
Peneliti ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan di SDN 101797 Deli Tua.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan.Dalam setiap pertemuan terdiri atas 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi.Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi.
Berdasarkan analisis data, perolehan nilai menunjukan dari 23 orang siswa kelas V SDN 101797 Deli Tua bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada kondisi awal terdapat 15 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase hasil belajar 34,78% dan 8 orang siswa yang tuntas dengan persentase hasil belajar 65,21% dengan nilai rata-rata 57,82. Selanjutnya dilaksanakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terdapat 10 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase hasil belajar 43,47% dan 13 orang siswa yang tuntas dengan persentase hasil belajar 56,52% dengan nilai rata-rata 66,52. Pada siklus II terdapat 4 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase hasil belajar 17,39% dan 19 orang siswa yang tuntas dengan persentase 82.80% dengan nilai rata-rata 75,43. Dengan diperoleh data-data siswa pada siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena telah mencapai ketuntasan klasikal (nilai ≥80%)
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SDN 101797 Deli Tua T.A 2017/2018.Dengan demikian disarankan kepada guru kelas V agar menggunakan model yang tepat dalam pelajaran PKn dan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 081 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 10:23 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30133 |