Ritonga, Masro (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 107403 CINTA RAKYAT T.P 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182033 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2 NIM. 8156182033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3 NIM. 8156182033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4 NIM. 8156182033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5 NIM. 8156182033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6 NIM. 8156182033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM. 8156182033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8 NIM. 8156182033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9 NIM. 8156182033 BAB I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
13 NIM. 8156182033 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14 NIM. 8156182033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
Masro Ritonga, NIM. 8156182033. Pengaruh Strategi Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas V SD Negeri 107403 Cinta Rakyat TP. 2016/2017
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh strategi pembelajaran jigsawterhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 107403 Cinta Rakyat, (2) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran jigsawdengan konvensional di kelas V SD Negeri 107403 Cinta Rakyat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 107403 Cinta Rakyat. TP.
2016/2017terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 62 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas sampel yaitu kelas V-1 = 31 siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw dan kelas V-2 = 31 siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi konvensional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan perbandingan rata-rata dua kelompok sampel. Hasil penelitian yaitu (1) Strategi pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa. Pelaksanaan pretes dan postes pada kelas jigsaw terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar PKn siswa yaitu 52,10 mengalami peningkatan menjadi 87,03, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi jigsaw dengan strategi konvensional. Hasil belajar PKn siswa mempunyai nilai thitung(3,799)>ttabel(1,671) dan sig.2-tailed (0,000)<α=0,05 sehingga membuktikan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran jigsaw dan Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 16:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30123 |