TARIGAN, MARDINO (2018) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELITUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111049_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1141111049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 1141111049_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 1141111049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 1141111049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 1141111049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1141111049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1141111049_BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 1141111049_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1141111049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar
guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua T.A
2017/2018. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode korelasional. Populasi ini adalah keseluruhan siswa kelas V
SD Negeri 104214 Delitua yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 76 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan caratotal sampel yaitu seluruh populasi.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket
yaitu angket gaya mengajar guru (Variabel X) dan angket motivasi belajar siswa
(Variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Produt Moment
dan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang
cukup berarti antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang
dinyatakan dengan rhitung (0,498) > rtabel (0,225). Gaya mengajar guru berpengaruh
kepada motivasi belajar siswa sebesar 24,8% dan 75,2% berasal dari faktor luar.
Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung
sebesar 4,940 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis tabel t terhadap
0,05% sebesar 1,665 artinya thitung > ttabel (4,940 > 1,665) sehingga terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi
belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua T.A 2017/2018.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa baik atau
tidaknya gaya mengajar guru dapat memberikan dampak bagi motivasi belajar
siswa si sekolah. Apabila gaya mengajar guru baik, maka motivasi belajar siswa
tinggi sehingga prestasi belajar siswa pun akan tinggi pula, begitu pula juga
sebaliknya. Motivasi berperan penting sebagai penggerak dalam diri siswa agar
dapat belajar secara aktif, senang dalam belajar dan dapat mencapai hasil belajar
yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 075 |
Keywords: | Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 14:58 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30023 |