Shabri, Mulia (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JANGKA KEC. JANGKA KAB. BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
02. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran IPS berbasis model pembelajaran
Examples Non Examples bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan
perangkat pembelajaran IPS berbasis model Examples Non Examples untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Jangka Kec.
Jangka Kab. Bireuen. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang
telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran
berbasis model Examples Non Examples telah memenuhi kriteria kevalidan. Kriteria
kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran IPS yang
memenuhi kriteria valid. Selanjutnya berdasarkan hasil yang diperoleh dilapangan
mulai dari data kegiatan guru, data kemampuan berpikir kritis siswa, data respon
siswa, serta data hasil belajar siswa, maka terjadi peningkatan presentase pada tiap
data dilapangan dari tahap simulasi kemudian menjadi meningkat presentasenya
pada tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian pada tahap uji coba lapangan
menunjukkan: (1) Terjadi peningkatan kegiatan guru pada setiap pertemuan,
pertemuan pertama mendapatkan 79%, pertemuan kedua meningkat menjadi 85%,
pertemuan ketiga meningkat menjadi 94%, dan pada pertemuan yang keempat juga
meningkat menjadi 96%; (2) Hasil pada kemampuan berpikir kritis siswa
menunjukkan pada pertemuan pertama mendapatkan presentase 82%, pada pertemuan
kedua, ketiga, dan keempat diperoleh presentase yang sempurna dengan presntase
100%; (3) Hasil respon siswa menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang memilih
jawaban STS (Sangat Tidak Setuju) dan TS (Tidak Setuju) di tahap simulasi maupun
tahap uji coba lapangan. Semua siswa hanya memilih jawaban S (Setuju) dan SS
(Sangat Setuju) baik di tahap simulasi maupun tahap uji coba lapangan; (4) Hasil
belajar siswa pada tahap uji coba lapangan diperoleh presentase 88%. Dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan presentase pada tiap data dilapangan dan
penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sha p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Media, Pembelajaran Examples |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 02:05 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29904 |