NAJWA, ROFIKA (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DI KELAS IV SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2017/2108. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311057_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1143311057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 1143311057_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143311057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 1143311057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143311057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143311057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1143311057_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1143311057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM. 1143311057_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. NIM. 1143311057_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1143311057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here
pada mata pelajaran IPS.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 101769 Tembung yang
berjumlah 32 orang, dimana terdapat 16 orang siswa perempuan dan 16 orang
siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II,
dimana pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi
motivasi belajar siswa, serta lembar observasi kegiatan guru.
Hasil penelitian berdasarkan hasil angket pra siklus diketahui bahwa dari
32 orang siswa ditemukan 26 siswa atau 81% dengan kriteria motivasi rendah,
dan 6 siswa atau 19% dengan kriteria motivasi sedang, dengan nilai rata-rata
klasikal sebesar 39% dengan kriteria motivasi rendah. Kemudian pada siklus I,
setelah peneliti menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here
motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, siswa yang memiliki kriteria
motivasi belajar tinggi sebanyak 9 siswa dengan persentase 28,2%, siswa yang
memiliki kriteria motivasi belajar sedang sebanyak 19 siswa dengan persentase
59,3%, dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 4 siswa dengan
persentase 12,5%, dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 49% dengan kriteria
motivasi sedang. Selanjutnya peneliti menindaklanjuti pada siklus II, secara
signifikan perolehan motivasi belajar siswa meningkat, siswa yang memiliki
kriteria motivasi belajar sangat tinggi sebanyak 6 siswa dengan persentase
18,75%, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 24 siswa dengan
persentase 75%, dan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 2
siswa dengan persentase 6,25%, dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 71%
dengan kriteria motivasi tinggi atau siswa termotivasi.
Berdasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa dengan menggunakan
strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam
memanfaatkan potensi alam di kelas IV SD Negeri 101769 Tembung T.A
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 061 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR; STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 15:49 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29889 |