Nasution, Anisa Putri (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311005_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143311005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 1143311005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 1143311005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1143311005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1143311005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143311005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143311005_BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM. 1143311005_BAB V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 1143311005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan
bertanya guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo
Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018.
Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara Keterampilan Bertanya Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
Negeri 104204 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli
Serdang T.A 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif
dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional.
Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti
menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini
adalah 75 siswa. Sample penelitian ini sebanyak 75 siswa ditentukan dengan
teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 26 Januari – 26
Maret 2018. Teknik Pengumpulan Data menggunakan angket 32 soal dengan uji
Validitas terdapat 23 soal yang valid dan 9 soal yang tidak
valid. Teknik Analisis data menggunakan Uji normalitas, Uji Homogenitas, Dan
Uji Linieritas.
Penelitian hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment,
diperoleh koefisien korelasi = 0,316 dengan = 0,301 pada taraf alpha
5%. Dengan demikian 0,316>0,301 ata nilai lebih besar dari maka,
keterampilan bertanya guru memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Untuk
mengetahui signifikansi hubungan keterampilan bertanya guru dengan hasil
belajar siswa menggunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh = 2,183
dengan = 2,017 pada taraf alpha 5%. Dengan demikian 2,183>2,017 atau
nilai lebih besar dari sehingga dapat dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara
Keterampilan Bertanya Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri
104204 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”
dapat diterima. Dimana, semakin tinggi keterampilan bertanya guru maka
semakin tinggi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 055 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 15:25 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29867 |