Sumitro, Joko Ramadhan (2017) PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PENJASKES DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI DI SMK NEGERI KOTA TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132074 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156132074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM. 8156132074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8156132074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 8156132074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8156132074 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8156132074 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 8156132074 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
12. NIM. 8156132074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8156132074 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru Penjaskes dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Penjaskes Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Inquiri Di SMK Negeri Kota Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah guru Penjaskes di SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi sebanyak sepuluh orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitin tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, dirancang dengan proses siklus sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru Penjaskes dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMK Negeri Kota Tebing Tinggi, dengan hasil sebagai berikut: siklus I rata-rata kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencapai nilai sebesar 77,78% dengan kategori Cukup dan siklus II mencapai nilai sebesar 87,94% dengan kategori Baik. Sedangkan untuk penerapan model pembelajaran inquiri pada siklus I mencapai nilai sebesar 74,01% dengan kategori Cukup dan siklus II mencapai nilai sebesar 89,09% dengan kategori Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru Penjaskes dalam menggunakan model pembelajaran berbasis inquiri di SMK Negeri Kota Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sum p |
Keywords: | Kemampuan menyusun RPP, Model pembelajaran inquiri, supervisi klinis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 09:37 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29857 |