Sinamo, Benget (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN PENGELASAN SISWA KELAS XL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5131121001 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 5131121001 APPROVAL SHEET (1).pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. NIM 5131121001 ABSTRACT (1).pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 5131121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM 5131121001 TABLE OF CONTENT (1).pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 5131121001 TABLES (1).pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 5131121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 5131121001 APPENDICES (1).pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM 5131121001 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. NIM 5131121001 CHAPTER V (1).pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM 5131121001 CHAPTER V (1).pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar pelajaran pengelasan dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan hasil belajar pelajaran pengelasan.Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 57 orang siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 50 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling. Data variabel motivasi belajar dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar pelajaran pengelasan diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket motivasi belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,907 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,912 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar pelajaran pengelasan ry1,2 sebesar 0,288, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1680. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar pelajaran pengelasan ry2,1 sebesar 0,283, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1680.Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar pelajaran pengelasan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,441 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi r2 sebesar 0,194 yang berarti 19,4% bahwa hasil belajar pelajaran pengelasan dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kecerdasan emosional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 015 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Pelajaran Pengelasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29834 |