PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA METHODIST 7 MEDAN

Munthe, Lasma Febrina (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA METHODIST 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500071188230073 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500071188230073 abstrak.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188230073 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500071188230073 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188230073 bab I.pdf]
Preview
Text
1500071188230073 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188230073 bab V.pdf]
Preview
Text
1500071188230073 bab V.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview

Abstract

Penclitian Tindakan Kclas ini bertujuan tmtuk mengetabui apakah
pencrapan stratcgi pembelajaran berbasis Quantum Learning dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adaJah tigapuluh delapan siswa tingkat
X-A dan dibantu oleh dua orang partisipan. Data dilcumpulkan dilakukan dengan:
(I) mcmberikan tes tertulis untuk hasil belajar, (2) mengamati perkembangan
siswa selama proses ins truksional untulc mengetahui aktivitas guru dan siswa. (3)
menggunakan angket untuk mengetahui komentnr-komentar siswa tentaog
pcnerapan strategi iostruks ional, dan ( 4) memberikan tcs gay a bela,jar untuk
mencmukan keccnderungan gaya belajar merdca. Data kuaJitatif dianaJisis secara
deskriptif mengt,>tlnakau pcrhitungan presentase (%) dengan pengelomp<>kkan
data bcrdasarlc:an K.riteria Ketuntasan Minimal 60 sesuai sistetn penilaian yang
ditcrapkan dalam Kurikulwn Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Menengah
Atas Methodist-? Medan. Untuk roenguji hip<>tesis dari penelitian ini uji stat.istik
deskriptif dipergunakan untuk mcnguji. data dan statistik inferensial
mcmpergunakan ANAVA 1 jalur, tetapi sebelum mempergunakan ANAYA 1
jaJur pertama digunakan uji analisis data yaitu uji normaJitas dan uji homogcnitas.
lnstrumen yang digunalcan untuk basil belajar Ekonomi adalah piliban berganda
yang berjumlah 60 butir soaJ dimana reliabilitas tes yaitu 0.9&4 yang
menggunakan rumus K- R 20.
Hasil pen!~litian menunjukkan bahwa pcmbelajaran pada siklus pertama.
kedua, dan ketiga secara proses maupun basil menunjukkan pcningkatan basil
bel ajar yang signifikan dengan rata rata 60,52% pada siklus pertama, siklus kedua
73,68 dan 81,58% pada siklus ketiga, dan tidalc tetdapat perbedaan basil belajar
Ekooomi antara siswa dengan kecenderungan gaya belajar VisQa.l, Auditorial, <hin
Kinestetik jika strategi pembclajaran berbasis Quantum Learning diterapkan. Hal
ini ditunjukkan dari F~oimng = 78,823 > Flllbdto.os) = 4,06 pada taraf signifikan a =
0,05.
Bedasarkan basil temuan dapat disimpulkan bahwa JX:nerapan strategi
pembelajaran berbasis Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas be1ajar
dan basil helajar siswa pada setiap kecenderungan gaya belajar baik itu
kccenderungan gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kincstetik. lmplikasinya
adaJah strategi pcmbelajaran berbasis Quantum Learning mempnnyai pengaruh
yang signifikan terhadap ha<>il belajar dan guru disarankan untuk menerapkannya
sebagai salah satu str<~tegi instruksiona

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Mun p
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 23:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item
View Item