Amini, Aisyah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142003_COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 7131142003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 7131142003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. NIM. 7131142003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 7131142003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 7131142003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 7131142003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 7131142003_BAB I.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
12. NIM. 7131142003_BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM. 7131142003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi kondisi pembelajaran Akuntansi di SMKN 13 Medan khususnya di kelas XI AK yang menunjukkan hasil belajar siswa yang kurang baik, penggunaan metode konvensional yang dilaksanakan menyebabkan belum tercapainya ketuntasan belajar yang telah ditetapkan lembaga. Siswa masih beranggapan bahwa guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Kondisi semacam
ini menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment
And Satisfaction (ARIAS) lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) siswa kelas XI Akuntansi SMKN I3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 13 Medan. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 13 Medan yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I dan eksperimen II yang masingmasing
berjumlah 33 dan 31 siswa Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 15 soal. Tes tersebut sudah dinyatakan valid karena diambil langsung
dari buku pegangan guru bidang studi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre test dan post
test yaitu 60,56 dan 80,00. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pre test dan post test yaitu 67,41 dan 76,67. Pengujian hipotesis dari hasil post test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,08 dan ttabel = 1,676. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,8 > 1,676. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka
hipotesis diterima. Dari Uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Akuntansi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih tinggi secara signifikan
dibanding hasil belajar Akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran CTL pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 13 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 030 |
Keywords: | Model Pembelajaran ARIAS, Model Pembelajaran CTL dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29829 |