Nasuiton, Irma (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMPN. 6 PERCUT SEI TUAN KELAS VIII T.A2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151021_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1133151021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
3. NIM. 1133151021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 1133151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 1133151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 1133151021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1133151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1133151021_BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13. NIM. 1133151021_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1133151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik Problem Solving terhadap disiplin belajar siswa berprestasi rendah di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Kelas VIII T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design dengan One Group pre-test post-test Design. Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII yang diperoleh berdasarkan data dari hasil wawancara dan teknik pengambilan sampel purposive dengan kriteria siswa yang berprestasi rendah akibat disiplin belajar rendah. Instrument yang digunakan adalah angket disiplin belajar untuk menjaring data tentang tingkat disiplin belajar siswa. Instrumen tersebut telah melalui proses validitas dan reabilitas. Angket diberikan sebelum dan sesudah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap disiplin belajar siswa. Nilai rata-rata pre-test (M) = 101,9 dan standar deviasi (SD) = 6,34 sedangkan post-test rata-rata (M) = 192,4 dan standar deviasi (SD) = 3,6. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan uji jumlah jenjang wilcoxon dimana jenjang bertanda positif = 55,5 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Diperoleh Zhitung< Ztable = - 2,805 < -1,96 dengan α = 0,05. Berdasarkan uji statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh signifikan bimbingan kelompok teknik Problem Solving terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 6 Percut Sei TuanKelas VIII T.A. 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 015 |
Keywords: | Disiplin Belajar, Bimbingan Kelompok, Problem Solving |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29822 |