Wahyuni, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 101783 SAENTIS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113111069_COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 1113111069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 1113111069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 1113111069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM. 113111069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM. 113111069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 113111069_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 113111069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 113111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM. 113111069_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 113111069_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
15. NIM. 113111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V SDN 101783 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Subjek dalam pebelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 101783 Saentis dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan tes (pre tes dan pos tes). Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2017. Hasil penelitian dari 20 siswa pada pre tes menunjukkan bahwa sebanyak 8 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata kelas 59,5. Sedangkan nilai sikap menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa mendapat kriteria sikap belum terlihat (BT) dengan nilai rata-rata kelas 49,8. Nilai keterampilan menunjukkan bahwa sebanyak 10 siswa memperoleh kriteria keterampilan terlihat (KT) dan 10 siswa keterampilan tidak terlihat (KTT) dengan nilai rata-rata kelas 49,6. Dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada setiap siklus. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 11 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan nilai rata-rata kelas 67,75. Nilai sikap menunjukkan bahwa sebanyak 16 siswa memperoleh kriteria sikap belum terlihat (BT) dan 4 siswa mulai terlihat (MT) dengan nilai rata-rata kelas 58,8. Sedangkan nilai keterampilan menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa memperoleh kriteria keterampilan terlihat (KT) dengan nilai rata-rata kelas 75,4. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas semakin bertambah menjadi 19 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dengan nilai rata-rata kelas 80,25. Nilai sikap menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa memperoleh kriteria sikap mulai terlihat (MT), 2 siswa mulai berkembang (MB), dan 3 siswa sudah membudaya (SM) dengan nilai rata-rata kelas 75,9. Sedangkan nilai keterampilan menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa memperoleh kriteria keterampilan terlihat (KT) dengan nilai rata-rata kelas 85,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V SDN 101783 Saentis Tahun Ajaran 2016/2017. Sehingga model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 007 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:21 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29810 |