PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Lumbangaol, Oktavia Beriani Veronika (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133341011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133341011 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133341011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133341011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133341011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133341011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133341011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133341011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133341011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133341011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133341011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133341011 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133341011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133341011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5133341011 LIST OF BAGAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5133341011 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5133341011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5133341011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5133341011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5133341011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5133341011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5133341011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5133341011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5133341011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembuatan pola menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Tata Busana Di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembuatan pola menggunakan metode pembelajaran Peer Teaching pada siswa kelas X Tata Busana Di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, (3).untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran peer teaching, mengetahui hasil belajar pembuatan pola pada kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, (4). Untuk mengetahui tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola dengan menggunakan metode pembelajaran peer teaching pada siswa kelas X Tata Busana Di SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 tepatnya dipraktekan pada kelas X Tata Busana. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 5 kelas dengan jumlah 150 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar untuk kelas eksperimen cenderung tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi yaitu (100%). Tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola untuk kelas control cenderung cukup yaitu 53%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Lilliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 30, diperoleh data hasil belajar pembuatan pola kelas eksperimen berdistribusi normal karena < (0.096 < 0,161) dan kelas control berdistribusi normal, karena < (0,091 < 0,161) Sedangkan uji homogenitas, diperoleh < yaitu 1,5 < 1,86 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogeny). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji- t diperoleh sebesar 1,44, sedangkan nilai sebesar 19,67 sedangkan nilai pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 sebesar 1,671 dengan demikian > (19,67 > 1,671). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan metode pembelajaran peer teaching sangat baik digunakan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BSN 011
Keywords: Metode Pembelajaran peer teaching, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:20
Last Modified: 18 Feb 2019 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item
View Item