Marbun, Putri Damai Yanti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311061 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133311061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 4133311061 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4133311061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM 4133311061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 4133311061 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4133311061 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM 4133311061 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 4133311061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
13. NIM 4133311061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM 4133311061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Ajabar di kelas VII SMP Negeri 6 Medan setelah diterapkan model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII-1 SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aljabar di kelas VII-1 SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan nilai rata-rata kelas 20,36. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 70,72 dengan 23 siswa atau 60,52% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,81 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 85 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 36 siswa atau 94,73% dari seluruh siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,35 dengan kategori sangat baik. Adapaun peningkatan tertinggi yaitu pada aspek memeriksa
kembali 2,13. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat 85% siswa yang telah tuntas memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Medan dimana peningkatan tertinggi ada pada aspek memeriksa kembali. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ini dapat
dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 059 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematika, Metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:19 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29790 |