Simbolon, Tommy Josimon (2018) UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII-1 SMP NEGERI 19 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311023 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 4133311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3.NIM. 4133311023 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 4133311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5. NIM. 4133311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4133311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 4133311023 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4133311023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4133311023 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
10. NIM. 4133311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
14. NIM. 4133311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM. 4133311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi aljabar di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan T.A 2017/2018, untuk menganalisis ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi aljabar di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan T.A 2017/2018, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi operasi aljabar kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Operasi aljabar di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 10 dari 30 siswa atau 33.33% dengan rata-rata kelas 55.65. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan pendekatan matematika realistik menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 30 siswa atau 50% dengan rata-rata kelas 59.86. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 26 dari 30 siswa atau 86.67% dengan rata-rata kelas 75.14. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 060 |
Keywords: | kemampuan penalaran matematis; pendekatan matematika realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:18 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29775 |