Fadilah, Cici (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133141003 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 5133141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
3. NIM 5133141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 5133141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 5133141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 5133141003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 5133141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5133141003 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 5133141003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 5133141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
15. NIM 5133141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 5133141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan observasi yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa dan kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran di kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh media pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar Pengetahuan Tekstil.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis data dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberi perlakuan dengan menggunakan modul ajar diperoleh rata-rata skor 23,4 dan varians 5,54 dengan skor tertinggi 32 dan skor terendah 17 dengan jumlah sampel 35 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 43% tergolong tinggi dan 57% siswa tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan media multimedia macromedia flash di peroleh rata-rata skor 28,92 dan varians 5,47 dengan skor tertinggi 35 dan skor terendah 14 dengan jumlah sampel 36 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 86% tergolong tinggi dan 14% tergolong kurang. Dari perhitungan hipotesis terdapat thitung yaitu 9,85 dengan ttabel yaitu 1,997 terlihat thitung>ttabel yaitu 9,85>1,997 dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran multimedia macromedia flash terhadap hasil belajar Pengetahuan Tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK N egeri 3 Tebing Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 008 |
Keywords: | Penggunaan Multimedia Macromedia Flash, Hasil Belajar Siswa, Pengetahuan Tekstil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TP Chemical technology T Technology > TS Manufactures T Technology > TS Manufactures > TS1300 Textile industries |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29753 |