Simorangkir, Esroni MT (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113111012_COVERI.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 5113111012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. 5113111012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. 5113111012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. 5113111012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. 5113111012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. 5113111012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. 5113111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. 5113111012_BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. 5113111012_BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. 5113111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar menggambar teknik dasar masih kurang memuaskan dikarenakan dalam pembelajaran masih menggunakan metode komunikasi verbal yang hanya berpusat
kepada guru, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru dijadikan satu-satunya sumber informasi sehingga kegiatan
pembelajaran berlangsung satu arah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran menggambar teknik dasar di SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2017/2018, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas eksperimen dan
model konvensional pada kelas kontrol. Pada uji instrument yang dilaksanakan dari 30 soal yang disebarkan di dapat soal yang valid sebanyak 25 soal dan 5 soal yang tidak valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran menggambar teknik
dasar siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0
ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Think Pair Share memberi pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar Menggambar
Teknik Dasar pada siswa kelas X Program Keahlian TGB di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 017 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29744 |