B, SYAH RIZAL (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI JURUSAN TIPTL SMK IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103331035 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 5103331035 JURNAL.pdf - Published Version
Download (963kB) | Preview
3. NIM 5103331035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 5103331035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 5103331035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 5103331035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 5103331035 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 5103331035 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 5103331035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM 5103331035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 5103331035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang menjadi bagian dasar dalam melakukan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan beberapa factor : (1)Kurangnya sarana
pendukung media kepada siswa dalam penyampaian pembelajaran. (2) Siswa merasa bosan dalam menanggapi pelajaran yang disampaikan dengan metode ceramah.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan, Jalan Bilal No 52 Pulo Brayan I Kecematan Medan Timur pada bulan Juni 2017. Variabel penelitian ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Motor Listrik. Sedangkan sample penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Reasearch and Development (R&D) dengan desain media menggunakan ADDIE(analysis, Development, Desain, Implementation, Evaluation).
Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba. Hasil penelitian ini didapat dari beberapa tim ahli pakar juga user dengan menggunakan angket sebagai acuan kelayakan media yang didesain kepada siswa
dalam pengujian skala besar. Hasil menunjukkan dari tim ahli media dengan rata-rata 3,8 dengan kategori interpretasi baik dan layak sebagai media pembelajaran. Validasi ahli materi dengan rata-rata 4,5 dengan kategori interpretasi sangat baik dan layak digunakan sebagai materi dalam media pembelajaran. Validasari user dengan ratarata 4,2 dengan kategori interpretasi sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 019 |
Keywords: | Reaserch and Development (R&D) dengan Desain Menggunakan ADDIE ( analysis, Depelopment, Desain, Implementation, Evaluation) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29725 |