MALAY, NUR RIZDA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA SUB MATERI TOTIPOTENSI DAN KULTUR JARINGAN DI KELAS XI MIA SEMESTER 1 MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NUR RIZDA MALAY 4133341048 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NUR RIZDA MALAY 4133341048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NUR RIZDA MALAY 4133341048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NUR RIZDA MALAY 4133341048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NUR RIZDA MALAY 4133341048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NUR RIZDA MALAY 4133341004 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
14. NUR RIZDA MALAY 4133341048 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Audio-Visual dan media PowerPoint pada sub materi totipotensi dan kultur jaringan di kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster
random sampling. Dari 8 kelas yang menjadi sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu satu kelas eksperimen pada kelas XI-MIA 6 berjumlah 35 siswa dengan menggunakan Media Audio-Visual dan satu kelas kontrol pada kelas XI- MIA 4 berjumlah 35 siswa dengan menggunakan media Power Point. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk
soal sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media Audio-Visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media PowerPoint dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,727 > 1,669 pada taraf 0,05 . Hasil belajar siswa pada materi
totipotensi dan kultur jaringan di kelas eksperimen diperoleh rata-rata postes sebesar 52,42. Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol rata-rata postes sebesar
45,38. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Audio-Visual dan media PowerPoint pada Sub Materi Totipotensi dan Kultur Jaringan kelas XI Semester 1 MAN 1 Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 042 |
Keywords: | Perbedaan Hasil Belajar, Audio-visual, Powerpoint, Totipotensi, Kultur Jaringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29721 |