MANULLANG, YESSI NATALI (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111080 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM 2133111080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
03. NIM 2133111080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04. NIM 2133111080 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
05. NIM 2133111080 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
06. NIM 2133111080 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
07. NIM 2133111080 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08. NIM 2133111080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
12. NIM 2133111080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM 2133111080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM 2133111080 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Ringkasan Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Snellius SMP Negeri 1 Medan yang berjumlah 28 siswa. Untuk menjaring data dalam penelitian ini
digunakan tes bentuk penugasan pilihan berganda tes kepada siswa tentang membaca pemahaman dan tes essay untuk kemampuan menulis ringkasan. dalam penelitian rumus yang digunakann untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis ringkasan adalah rumus korelasi product moment. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel x sebesar 74,07 dan standart deviasi sebesar 13,86. Kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel Y 74,60 dan standart deviasi sebesar 6,92. Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulois ringkasan. koefisien korelasi antara kemampuan membaca
pemahaman dengan kemampuan menulis ringkasan adalah sebesar 0,371. Kemampuan siswa dalam menulis ringkasan akan lebih baik jika dibarengi dengan kemampuan membaca pemahaman yang baik pula. Pembelajaran membaca pemahaman bertujuan agar siswa mampu mengambil manfaat pesan yang disampaikan penulis melalui tulisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 041 |
Keywords: | Membaca pemahaman; menulis; ringkasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29699 |