Sinamo, Wilson (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ALAT KUR KELAS X TKR SMK N 1 PERGETTENG-GETTENG SENGKUT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123321039 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 5123321039 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
3. NIM. 5123321039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM. 5123321039 KPREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 5123321039 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM. 5123321039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. NIM. 5123321039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
12. NIM. 5123321039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 5123321039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 5123321039 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Pergetteng-getteng Sengkut Pakpak bharat Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di 2 (dua)kelas X Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 60 siswa, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Kedua kelas
trersebut yang menjadi subjek penelitian, sementara untuk kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda dalam proses penelitian. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan model ceramah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi berupa pemberian tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 butir soal. Sebelum dilakukan tes di dua kelas
tersebut, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasaing – masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata hasil belajar alat ukur siswa yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 84.66, dan untuk hasil belajar alat ukur siswa yang diajar dengan menggunakan model ceramah adalah 65,86. Dari daftar distribusi t didapat thitung = 12,96
sedangkan ttabel = 1,9 peluang = 0,975. Jadi, hipotesis Ho : μ1 = μ2 ditolak dalam taraf nyata 0,05.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran koopratif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Teknik kendaraan Ringan di SMK N I pergetteng-getteng sengkut Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 019 |
Keywords: | Model pemebelajaran, STAD, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:08 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29681 |