Dewi, Arisa Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA TEMA EKOSISTEM SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111009_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 1143111009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 1143111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 1143111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 1143111009_BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM. 1143111009_BAB V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14. NIM. 1143111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang pengaruh model pembelajaran time token terhadap aktivitas belajar pada tema Ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token terhadap aktivitas
belajar pada tema Ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa Terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Time Token dengan aktivitas belajar pada
tema ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode metode penelitian
eksperimental. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 72 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana seluruh jumlah dari populasi dijadikan sampel. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen penelitian berupa angket harus diuji cobakan terlebih dahulu. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa dari 26 butir angket yang diujicobakan dinyatakan 6 butir yang tidak valid dan jumlah
butir yang valid adalah 20 butir, yang merupakan data penelitian. Kemudian dilakukan uji reliabilitas angket. Hasilnya diperoleh rii = 0,7364 dengan rtabel pada
n = 36 adalah 0,329. Dengan demikian, nilai rii lebih besar dari rtabel (0,7364 > 0,329) sehingga angket yang dipakai adalah reliabel. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji hipotesis t dua arah, Berdasarkan data hasil penelitian post test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung =
. Dengan demikian diperoleh 4,424 > 1,995 (thitung > ttabel ) pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 4,424 > 1,995 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan sehingga dapat
menerima Ha yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Time Token dengan aktivitas belajar pada tema Ekosistem siswa kelas V SD. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat pengaruh signifikan antara model
pembelajaran Time Token dengan aktivitas belajar siswa pada tema Ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 044 |
Keywords: | Model Pembelajaran Time Token, Aktivitas Belajar Tema Ekosistem Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29674 |