PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA TEMA EKOSISTEM SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018

Dewi, Arisa Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA TEMA EKOSISTEM SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111009_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111009_COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111009_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111009_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111009_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111009_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111009_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111009_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111009_BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143111009_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143111009_BAB V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini tentang pengaruh model pembelajaran time token terhadap aktivitas belajar pada tema Ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token terhadap aktivitas
belajar pada tema Ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa Terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Time Token dengan aktivitas belajar pada
tema ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode metode penelitian
eksperimental. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 72 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana seluruh jumlah dari populasi dijadikan sampel. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen penelitian berupa angket harus diuji cobakan terlebih dahulu. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa dari 26 butir angket yang diujicobakan dinyatakan 6 butir yang tidak valid dan jumlah
butir yang valid adalah 20 butir, yang merupakan data penelitian. Kemudian dilakukan uji reliabilitas angket. Hasilnya diperoleh rii = 0,7364 dengan rtabel pada
n = 36 adalah 0,329. Dengan demikian, nilai rii lebih besar dari rtabel (0,7364 > 0,329) sehingga angket yang dipakai adalah reliabel. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji hipotesis t dua arah, Berdasarkan data hasil penelitian post test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung =
. Dengan demikian diperoleh 4,424 > 1,995 (thitung > ttabel ) pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 4,424 > 1,995 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan sehingga dapat
menerima Ha yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Time Token dengan aktivitas belajar pada tema Ekosistem siswa kelas V SD. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat pengaruh signifikan antara model
pembelajaran Time Token dengan aktivitas belajar siswa pada tema Ekosistem siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 044
Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Aktivitas Belajar Tema Ekosistem Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:07
Last Modified: 18 Feb 2019 05:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item
View Item