RIZKY, NOVA (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101801 DELITUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111042_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1143111042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 1143111042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1143111042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1143111042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111042_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 1143111042_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 1143111042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui keterampilan berkomunikasi guru matematika, (2) mengetahui motivasi belajar matematika siswa dan (3) mengetahui hubungan keterampilan berkomunikasi guru dengan
motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional dengan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SDN 101801 delitua T.A 2017/2018 yang berjumlah 101 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada variabel Keterampilan Berkomunikasi Guru (X) dan Motivasi Belajar Siswa (Y) dengan masing-masing menggunakan angket yang berjumlah 25 item angket. Teknik analisis data menggunakan uji kecenderungan, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Hasil analisis data pada kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018 menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berkomunikasi guru pada mata
pelajaran matematika cenderung cukup dengan persentase rata-rata 76,24% dan tingkat motivasi belajar matematika siswa cenderung cukup dengan persentase rata-rata 81,19%. Hasil uji koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan
yang “kuat” antara keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018 dengan rxy = 0,607. Dan hipotesis penelitian ini menunjukkan thitung > ttabel sebesar 9,563 >
1,984. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 046 |
Keywords: | KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA, MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29671 |