S.M, Anastasya Marlina (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111006_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 1143111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM. 1143111006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1143111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1143111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143111006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111006_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1143111006_BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 1143111006_BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
15. NIM. 1143111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
ANASTASYA MARLINA SM. NIM : 1143111006. “ Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2017/2018”. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i VB SD Negeri 104204 Sambirejo Timur sebanyak 25 orang dengan jumlah laki – laki 14 orang dan 11 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Mind Mapping. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, tes dan juga dokumentasi. Berdasarkan analisis data, ternyata pada saat dilakukan pretest dari 25 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 8% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 23 orang dengan persentase 92% mendapat nilai tidak tuntas, dengan nilai rata-rata kelas 39. Hal ini dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa sangat rendah, karena itu peneliti menindak lanjuti dan melanjutkan ke Post test siklus I dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping.
Pada siklus I terdapat sebanyak 13 orang siswa dengan persentase 52% yang mendapat nilai tuntas dan 12 orang siswa dengan persentase 48% yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata 65,6. Dari hasil post test siklus I, bahwa hasil belajar siswa meningkat dari hasi belajar pada saat pre test, meskipun rata-rata hasil belajar siswa meningkat tetapi belum mencapai ketuntasan jadi masih harus di tindak lanjuti dan melaksanakan post test siklus II. Pada siklus II terdapat sebanyak 22 orang siswadengan persentase 88% yang medapat nilai tuntas dan 3 orang siswa dengan persentase 12% yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata 82,6 yang mana sudah termasuk kategori baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun ruang kubus dan balok dikelas VB SD Negeri 104204 Sambirejo Timur tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 054 |
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29662 |