Hanim, Farida (2017) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 164330 TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182019 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 8156182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM 8156182019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM 8156182019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 8156182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 8156182019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 8156182019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8156182019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 8156182019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM 8156182019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM 8156182019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakang pada penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) dan proses pembelajaran yang belum menumbuhkan keterampilan proses
sains dan sikap ilmiah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKPD
berbasis keterampilan proses sains dan tingkat motivasi belajar peserta didik
terhadap hasil belajar IPA. Alasan dilakukan penelitian karena hasil belajar IPA
rendah dan pembelajaran IPA cenderung menggunakan pendekatan ekspositori
sehingga peserta didik juga tidak termotivasi untuk belajar. Kegiatan
pembelajaran mengenai sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat di sekolah dasar khususnya untuk kelas IV belum menekankan pada
proses sains sehingga sikap ilmiah peserta didik juga belum terlihat.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan
desain faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di
SD Negeri 164330 Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi, dan sampelnya
dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu
tes hasil belajar IPA, angket motivasi belajar, dan lembar observasi sikap ilmiah.
Data yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan
anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh LKPD
berbasis keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA lebih baik daripada
LKPD konvensional; (2) pengaruh tingkat motivasi tinggi terhadap hasil belajar
IPA lebih baik daripada tingkat motivasi rendah; (3) terdapat interaksi antara
LKPD berbasis keterampilan proses sains dan LKPD konvensional dengan tingkat
motivasi dalam memengaruhi hasil belajar IPA; dan (4) sikap ilmiah peserta didik
yang menggunakan LKPD berbasis keterampilan proses sains lebih baik daripada
LKPD konvensional. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa LKPD berbasis
keterampilan proses sains dan tingkat motivasi belajar tinggi merupakan alternatif
pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Han p |
Keywords: | Hasil Belajar IPA, Motivasi Belajar; Sikap Ilmiah; Keterampilan Sains; Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 07:30 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29658 |