VONTO, YOSEPH VICRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR PADA SISWA DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321027 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4133321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM 4133321027 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM 4133321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 4133321027 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 41333211027 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4133321027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 4133321027 APENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4133321027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM 4133321027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 4133321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui : 1.) hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan
konvensional, 2.) sikap belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
berbasis masalah dan konvensional, 3.) keterampilan belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional, 4.)
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-postest control
group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang
terdiri dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik class
random sampling, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model
pembelajaran berbasis masalah (XI MIA 9) dan kelas yang lain sebagai kelas
kontrol (XI MIA 10) diterapkan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 46,18 dan nilai rata-rata kelas kontrol 47,76. Dari hasil uji beda nilai
kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,80, ttabel = 1,99,
maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes
kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.
Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis
masalah pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas
kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan
postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 66,32 dan untuk kelas
kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,31. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf
signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 3,04 dan tabel t = 1,67. Karena hitung t > tabel t maka
hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil
belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap
hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas XI SMA Negeri 13 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 058 |
Keywords: | Quasi experiment, Pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 11:37 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29640 |