Sinurat, Sardiaman (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
061188210065 abstrak.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
061188210065 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
061188210065 bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
061188210065 bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan basil belajar fisika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta GKPS I Raya, Jalan Pendeta J. Wismar Saragih No. 139 Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Swasta GKPS l Raya, semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009, dengan jumlah partisipan dalam pelaksanaan penelitian ini berjumlah 32 orang siswa. Dalam penelitian lilt dibantu oleh dua orang guru sebagai obeserver dan peneliti sebagai pelaku tindakanPelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus, yakni siklus pertama sebanyak tiga kali pertemuan, siklus kedua sebanyak dua kali pertemuan, dan siklus ketiga satu kali pertemuan. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahapan kegiatan reneanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Pengumpuln data dilakukan melalui : (1) tes awal untuk mengetahui apakah materi prasyarat sudah dipahami oleh siswa; (2) tes akhir tindakan dilakukan setiap akhir siklus untuk mengetahui sejauhmana materi pelajaran telah dipahami oleh siswa; (3) observasi dilakukan untuk untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa dan guru; (4) wawancara dilakukan untuk mengetahui tanggapan, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa : (1) basil belajar siswa pada akhir siklus I menunjuldcart skor rata-rata kelas 61,1 %, skor rata-rata basil belajar siswa akhir pada siklus II sebesar 66,3 %, dan skor rata-rata basil belajar siswa pada akhir siklus RI sebesar 75,3 Yo, dan skor rata-rata kelas pada tes akhirsebesar 78,6 % dan ketuntasart klasikal %; (2) rata-rata aktivitas siswa pada akhirsiklus III sebesar 83 % (Wagon balk) dan rata-rata aktivitas guru pada akhir siklus III sebesar 96 % (kategori sangat balk); (3) respon siswa selama mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siklus I, siklus II, dan siklus HI sangat positif balk melalui data yang diperoleh melalui pengamatan maupun dari hasil wawancara dengan siswa.Sebagai impIikasi dari basil penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran fisika dengan materi penerapan konsep listrik arus scarab dapat disarankan kepada guru untuk menerapkannya, karena dapat meningkalkan motivasi, aktivitas siswa , basil belajar siswa, dan rasa senang siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.23 Sin p |
Keywords: | Jigsaw; Hasil Belajar Fisika; Siska |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 21:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2964 |