RUMAPEA, MELANDO (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113131026 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 5113131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM 5113131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM 5113131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 5113131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 5113131026 TABLE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7. NIM 5113131026 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 5113131026 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM 5113131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13.NIM 5113131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14.NIM 5113131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Peningkatan hasil belajar Pengukuran Listrik pada peserta didik dan pengaruh model pembelajaran yang diajar dengan Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas X TITL, sampel yang digunakan adalah kelas X TITL-1 sebagai kelas Kontrol dan X TITL-2 sebagai kelas Eksperimen yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Sebelum melaksanakan penelitian, kelas kontrol kelas eksperimen diberikan pretest. Hasil analisis dari data pretest yang diperoleh kelas Kontrol dan Eksperimen berturut yaitu, = 28,5 dengan skor terendah 15 dan skor tertinggi 40, sedangkan pada kelas Eksperimen = 21 dengan skor terendah 10 dan skor tertinggi 30. Kemudian pada kelas Kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual sedangkan pada kelas Eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Self Directed Learning. Hasil analisis data dari hasil posttest yang diperoleh kelas Kontrol yaitu, = 75,66, dengan skor terendah 65 dan skor tertinggi 90, sedangkan pada kelas Eksperimen = 79,5 dengan skor terendah 65 dan skor tertinggi 90. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5 % diperoleh thitung = 2,35 dan tabel = 1,6736. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimbulkan bahwa Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning memiliki nilai lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Kontekstual pada materi Pengukuran Listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 024 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 08:54 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29635 |