Keliat, Karyawan (2017) OPTIMASI KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH SMA DI KABUPATEN KARO MELALUI PELATIHAN DENGAN CRITICAL EVENTS MODEL (CEM). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132076 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 8156132076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
3. NIM. 8156132076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM. 8156132076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8156132076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 8156132076 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8156132076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 8156132076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156132076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
13. NIM. 8156132076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keadaan nyata persoalan kompetensi supervisi
akademik di Kabupaten Karo; faktor pendukung serta faktor penghambat optimalnya
kompetensi supervisi akademik; solusi agar kompetensi supervisi akademik
pengawas sekolah dapat optimal serta dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilakukan di
Kabupaten Karo dengan waktu 3 bulan. Subyek penelitian adalah pengawas sekolah
SMA di Kabupaten Karo. Data dikumpukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil temuan
penelitian menunjukkan bahwa: keadaan kompetensi supervisi akademik di
Kabupaten Karo masih bernilai rendah; faktor-faktor pendukung pengawasan adalah
kepala sekolah dan guru memiliki kualifikasi pendidikan sarjana (S1) kependidikan,
guru memiliki wadah organisasi MGMP, adanya produk hukum yang menaungi
pengawas; faktor-faktor penghambat pengawasan adalah budaya sekolah yang masih
kurang terbuka menerima kritikan, budaya masyarakat yang masih kental dengan
persaudaraan, guru tidak menjadikan pengawas sebagai mitra, karena kondisi
geografis, serta latar belakang pendidikan pengawas; solusi dari keadaan tersebut
dilakukan pelatihan menggunakan Critical Events Model (CEM) yang berhasil
mengoptimalkan kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah SMA di
Kabupaten Karo. Temuan penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengawas
sekolah, dan warga sekolah untuk bekerjasama meningkatkan mutu pendidikan di
Kabupaten Karo.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.207 12 Kel o |
Keywords: | Optimasi, Kompetensi Pengawas, Supervisi Akademik, Critical Events Model (CEM) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 03:11 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29606 |