Nikmah, Khoirun (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BISNIS MANAJEMEN APIPSU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156121017 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM. 8156121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM. 8156121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 8156121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 8156121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
6. NIM. 8156121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 8156121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 8156121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 8156121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
13. NIM. 8156121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 8156121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar yang layak
digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2)
untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran
kewirausahaan berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall
yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Metode penelitian
terdiri dari dua tahapan, tahap I mengembangkan bahan ajar dan uji coba, dan tahap
II uji efektifitas produk.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas X AP SMK BM APIPSU Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksprimen. Sampel
penelitian sebanyak 47 orang siswa yang terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas
eksprimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis kontekstual dan 23
orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana
yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan
ajar berbasis kontekstual dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh
thitung = 2,35 > ttabel = 1,68, dengan dk = (n1+n2-2) pada taraf signifikan α = 0,05.
Disimpulkan efektifitas penggunaan bahan ajar berbasis kontekstual sebesar 27,37%
sedangkan buku teks sebesar 23,60%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Nik p |
Keywords: | kewirausahaan, Manajemen, Bisnis, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 02:48 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29588 |