Muslimah, Wulidatul (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MEDAN T.A. 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156121012 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8156121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
3. NIM. 8156121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 8156121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 8156121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 8156121012 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 8156121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. NIM. 8156121012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 8156121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (892kB) | Preview
13. NIM. 8156121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM. 8156121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar
Ekonomi peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar Ekonomi peserta didik yang
dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peta Konsep, (2) Bagaimana hasil
belajar Ekonomi antara peserta didik dengan tingkat Motivasi Berprestasi tinggi
dan hasil belajar peserta didik dengan Motivasi Berprestasi rendah, (3) Apakah
terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran (Berbasis Masalah dan Peta
Konsep) dan Motivasi Berprestasi dalam memengaruhi hasil belajar Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di MAN Medan yang terdiri dari MAN 1 Medan,
MAN 2 Model Medan, dan MAN 3 Medan. Sedangkan populasi untuk siswa
sebanyak 542 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian adalah MAN 1 Medan
Kecamatan Medan Tembung dan MAN 3 Medan kecamatan Medan Amplas.
Penelitian diletakkan pada kelas X IPS Semester Genap Tahun Pelajaran
2016/2017. Untuk sampel penelitian adalah 341 siswa, yaitu 79 siswa diajarkan
dengan menggunakan strategi pembelajaran Berbasis Masalah, dan 77 siswa
diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Peta Konsep. Metode
penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2,
Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf
signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang
diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah lebih
tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan
dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep, hal ini ditunjukkan
oleh nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 8,21 > Ftabel 3,94; (2) hasil belajar
Ekonomi siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi tinggi lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi rendah
dengan nilai Fhitung = 9,01 > Ftabel = 3,94; (3) terdapat interaksi antara Strategi
Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi dalam memengaruhi hasil belajar Ekonimi
dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 14,42
> Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Berbasis
Masalah lebih baik dari pada strategi pembelajaran Peta Konsep dalam
meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Siswa yang memiliki Motivasi
Berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar Ekonomi lebih tinggi daripada siswa
yang memiliki Motivasi Berprestasi rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Mus p |
Keywords: | Ekonomi, Strategi Pembejalaran, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 02:19 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29586 |