PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MEDAN T.A. 2016/2017

Muslimah, Wulidatul (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MEDAN T.A. 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156121012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156121012 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156121012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156121012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156121012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156121012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156121012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156121012 TABLES.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156121012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156121012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156121012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156121012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156121012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156121012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar
Ekonomi peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar Ekonomi peserta didik yang
dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peta Konsep, (2) Bagaimana hasil
belajar Ekonomi antara peserta didik dengan tingkat Motivasi Berprestasi tinggi
dan hasil belajar peserta didik dengan Motivasi Berprestasi rendah, (3) Apakah
terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran (Berbasis Masalah dan Peta
Konsep) dan Motivasi Berprestasi dalam memengaruhi hasil belajar Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di MAN Medan yang terdiri dari MAN 1 Medan,
MAN 2 Model Medan, dan MAN 3 Medan. Sedangkan populasi untuk siswa
sebanyak 542 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian adalah MAN 1 Medan
Kecamatan Medan Tembung dan MAN 3 Medan kecamatan Medan Amplas.
Penelitian diletakkan pada kelas X IPS Semester Genap Tahun Pelajaran
2016/2017. Untuk sampel penelitian adalah 341 siswa, yaitu 79 siswa diajarkan
dengan menggunakan strategi pembelajaran Berbasis Masalah, dan 77 siswa
diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Peta Konsep. Metode
penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2,
Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf
signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang
diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah lebih
tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan
dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep, hal ini ditunjukkan
oleh nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 8,21 > Ftabel 3,94; (2) hasil belajar
Ekonomi siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi tinggi lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi rendah
dengan nilai Fhitung = 9,01 > Ftabel = 3,94; (3) terdapat interaksi antara Strategi
Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi dalam memengaruhi hasil belajar Ekonimi
dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 14,42
> Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Berbasis
Masalah lebih baik dari pada strategi pembelajaran Peta Konsep dalam
meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Siswa yang memiliki Motivasi
Berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar Ekonomi lebih tinggi daripada siswa
yang memiliki Motivasi Berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Mus p
Keywords: Ekonomi, Strategi Pembejalaran, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Apr 2018 02:19
Last Modified: 07 Apr 2018 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29586

Actions (login required)

View Item
View Item