PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 105303 RUMAH GERAT KEC. BIRU-BIRU TAHUN AJARAN 2017/2018

BR BARUS, SANTA KLARA (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 105303 RUMAH GERAT KEC. BIRU-BIRU TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311059_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311059_COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311059_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311059_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311059_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311059_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311059_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311059_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311059_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311059_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311059_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311059_BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311059_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311059_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311059_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS materi
pokok tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua
siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 32 or
ang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS materi pokok tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi
kemerdekaan indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz..
Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi.
Berdasarkan analisis data angket pada kondisi awal dari 32 orang siswa,
yang memiliki kriteria belum termotivasi 30 orang siswa dengan persentase
93,75%, siswa yang memiliki kriteria termotivasi 2 orang siswa dengan persentase
6,25% rata-rata kelas pada kondisi awal yaitu 44,49. Pada tindakan siklus I
dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz diperoleh jumlah siswa
sebanyak 19 orang siswa yang memiliki kriteria belum termotivasi dengan
persentase 59,38% dan siswa yang memiliki kriteria termotivasi 13 orang siswa
dengan persentase 40,62% dan nilai rata –rata kelas pada siklus I yaitu 70,65.
Pada tindakan siklus II dengan signifikan motivasi belajar siswa meningkat
diperoleh jumlah siswa yang memiliki ktiteria termotivasi 30 orang siswa dengan
persentase 93,75%, siswa yang memiliki kriteria belum termotivasi 2 orang siswa
dengan persentase 6,25% dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 85,31. Hasil
Observasi motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus. Pada
siklus I rata-rata kelas adalah 61,79. Sedangkan pada Siklus II rata-rata kelas
adalah 93,29. Berdasarkan lembar observasi mengajar guru mengalami
peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,87. Sedangkan pada siklus
II diperoleh nilai rata-rata 97,91.
Dari hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya penerapan model
pembelajaran Team Quiz digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam
upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial, maupun pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 015
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 06 Apr 2018 15:13
Last Modified: 12 Apr 2018 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29582

Actions (login required)

View Item
View Item