Situmeang, Chandra (2018) PEMBELAJARAN WEB ENHANCED COURSE DENGAN APLIKASI HOME ONLINE TRADING SYSTEM (HOTS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PASAR MODAL. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8126121011 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
02. NIM 8126121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (986kB) | Preview
03. NIM 8126121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
04. NIM 8126121011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
05. NIM 8126121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
06. NIM 8126121011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
07. NIM 8126121011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
08. NIM 8126121011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
09. NIM 8126121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (883kB) | Preview
13. NIM 8126121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
14. NIM 8126121011 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis dukungan
web atau Web Enhanced Course dengan menggunakan aplikasi Home Online Trading
System (HOTS) yang diintegrasikan dengan macromedia flash dan iSpring menjadi
sebuah media pembelajaran interaktif. Aplikasi HOTS dapat digunakan sebagai media
transaksi secara nyata di pasar modal namun dapat juga digunakan sebagai media
untuk simulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
mengintegrasikan model Dick dan Carey untuk merumuskan substansi materi dan
model Borg dan Gall untuk mengembangkan media. Materi ini disusun secara
sistematis sebagai bagian dari mata kuliah pasar modal namun terbatas hanya pada
satu Capaian Pembelajaran (CP) yaitu “Mampu melakukan transaksi di bursa efek
mulai dari pembukaan rekening investasi hingga proses transaksi jual dan beli.”
Pengembangan media tersebut akan melalui tiga tahapan. Pertama, melakukan
penelitian pendahuluan yang merujuk pada model Dick and Carey untuk merumuskan
materi yang akan disampaikan. Kedua, membangun dan mengintegrasikan
pembelajara dengan dukungan web yaitu melalui aplikasi HOTS dan iSpring sebagai
alat untuk tes online yang diintegrasikan dalam aplikasi macromedia flash. Ketiga,
media tersebut diuji coba melalui berbagai tahapan yaitu validasi oleh ahli materi
matakuliah pasar modal, ahli desain pembelajaran, ahli rekayasa perangkat lunak dan
desain grafis, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Kualitas produk
pengembangan dievaluasi dengan menggunakan angket. Hasil evaluasi dari subyek
ujicoba diakumulasi serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Media
yang dikembangkan dapat disimpulkan layak digunakan jika hasil dari keseluruhan
validasi dan uji coba mencapai kategori minimal “baik”. Berdasarkan hasil validasi
dan uji coba yang dilakukan menghasilkan penilaian bahwa media yang
dikembangkan mencapai tingkat sangat baik sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesa
penelitian ini dapat diterima. Hal ini berarti media yang dikembangkan layak
digunakan. Selain hasil penilaian tersebut, berdasarkan data yang diperoleh dalam
seluruh tahapan uji coba, disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah
memberikan berbagai manfaat positif yaitu peningkatan motivasi, efisiensi belajar,
kesesuaian dengan kecepatan belajar masing-masing mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sit p |
Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran multimedia, Media Macromedia, Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Investment, capital formation, speculation L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 07:38 |
Last Modified: | 25 May 2022 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29568 |