SANTI, ELLA LARAS (2018) PEMANFAATAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA DAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111029_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1141111029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 1141111029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1141111029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
5. NIM. 1141111029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 1141111029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1141111029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (0B)
9. NIM. 1141111029_BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM. 1141111029_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1141111029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) pada audio visual dalam bentuk film animasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VA SD Negeri 106811 Bandar Setia sebanyak 1 kelas yaitu 35 siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.
Berdasarkan temuan hasil pre test (test awal) yang berjumlah 35 orang siswa, siswa yang memiliki kemampuan membaca pemahaman di bawah 65 (<65), yaitu dengan nilai rata-rata 45,77; tergolong sangat rendah. Dari perolehan hasil pre test tersebut, peneliti melanjutkan ke post test siklus I. Pada siklus I nilai siswa mulai meningkat dengan nilai rata-rata 55,71 dan masih tergolong rendah. Peneliti melanjutkan ke post test siklus II, pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88,57% yang berarti membuktikan bahwa kemampuan keterampilan membaca siswa secara klasikal pada siklus II telah meningkat karena telah mencapai 85,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 72,22 yang mana termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya untuk keterampilan berbicara siswa pada hasil pengamatan (observasi) awal, siswa yang memiliki kemampuan berbicara di bawah 65 (<65), yaitu dengan nilai rata-rata 59,50; tergolong sangat rendah. Dari perolehan hasil pengamatan (observasi) awal, peneliti melanjutkan pada pengamatan siklus I. Pada siklus I nilai siswa mulai meningkat dengan nilai rata-rata 69 dan tergolong berhasil namun belum maksimal. Peneliti melanjutkan pada pengamatan siklus II, pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100% yang berarti membuktikan bahwa kemampuan keterampilan membaca siswa secara klasikal pada siklus II telah meningkat karena telah mencapai 85,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80,71 yang mana termasuk dalam kategori baik. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemanfaatan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) pada audio visual dalam bentuk film animasi dapat meningkatkan kemampuan keterampilan membaca dan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan kemampuan keterampilan membaca dan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia diharapkan kepada guru tidak hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran, namun dapat merancang dan mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar, salah satunya dengan memanfaatkan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) pada audio visual dalam bentuk film animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 012 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 10:17 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29566 |