PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI

priyanda, Roni (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172034 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156172034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156172034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156172034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156172034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172034 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172034 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172034 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172034 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156172034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156172034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8156172034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8156172034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156172034 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156172034 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan
signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui
pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran langsung, (2) Mengetahui apakah
terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal, (3)
Mengetahui bagaimana proses jawaban siswa terkait kemampuan komunikasi
matematis siswa pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan
model pembelajaran kontekstual sedangkan kelas kontrol dilakukan dengan
menggunakan model pembelajaran langsung. Rancangan yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) tahap uji coba
perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, 3) tahap pelaksanaan
eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Labuhan Deli yang berjumlah 278 siswa dengan mengambil sampel dua
kelas berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil
penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang
diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan
pembelajaran langsung, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan
kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa, dan (3) Proses jawaban siswa yang pembelajarannya menggunakan
pembelajaran kontekstual lebih lengkap dibandingkan dengan siswa yang
menggunakan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Pri p
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Model pembelajaran Langsung, Kemampuan Awal matematika dan dan Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:29
Last Modified: 29 Mar 2018 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29547

Actions (login required)

View Item
View Item