Sari, Dwi kartika (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PRIMA TEMBUNG MELALUI DISCOVERY LEARNING. Masters thesis, UNIMED.
1.-8136172025-COVER.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
2.-8136172025-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3.-8136172025-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4.-8136172025-PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5.-8136172025-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6.-8136172025-TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7.-8136172025-ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8.-8136172025-CHAPTER-I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12.-8136172025-CHAPTER-V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13.-8136172025-REFERENCES.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah: (1) Kemampuan
berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran model discovery learning
lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Self-efficacy
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model discovery learning lebih
tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Bagaimana
aktivitas siswa selama proses pembelajaran discovery learning. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa SMP Swasta Prima Tembung. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas
eksperimen diberi perlakuan pembelajaran model discovery learning dan kelas
kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes
kemampuan berpikir kreatif dan angket self-efficacy matematis siswa. Instrumen
tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas
sebesar 0,867 dan 0,878 berturut-turut untuk pretest dan postest kemampuan
berpikir kreatif. Sedangkan koefisien reliabilitas untuk self-efficacy matematis
siswa sebesar 0,933. Analisis data dilakukan melalui analisis kovarians
(ANAKOVA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Peningkatan
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning lebih tinggi
daripada kemampuan self-efficacy matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran biasa, (3) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran discovery
learning berkategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sar p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy Matematis, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 02:13 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29541 |