Elidayati (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KEAKSARAAN (LITERASI) PADA KELOMPOK BELAJAR PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL SABILY SEI RAMPAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146192006 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8146192006 PENGEAHAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. NIM. 8146192006 ABTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 8146192006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8146192006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 8146192006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8146192006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8146192006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8146192006 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 8146192006 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 8146192006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) modul pembelajaran
keaksaraan (literasi) yang dikembangkan layak digunakan warga belajar pada
kelompok belajar pendidikan keaksaraan fungsional di PKBM Sabily Sei
Rampah; (2) modul pembelajaran keaksaraan (literasi) yang efektif digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar pada kelompok belajar pendidikan
keaksaraan fungsional di PKBM Sabily Sei Rampah; dan (3) keefektifan
penggunaan modul pembelajaran keaksaraan (literasi) pada kelompok belajar
pendidikan keaksaraan fungsional di PKBM Sabily Sei Rampah. Metode
penelitian adalah model pengembangan Bord dan Gall dengan desain
pembelajaran Model Dick dan Carey, meliputi: melakukan penelitian
pendahuluan, pembuatan desain software, pengumpulan bahan, membuat dan
memproduksi produk, uji lapangan produk, dan uji keefektifan produk. Subjek
penelitian terdiri dari 70 warga belajar PKBM Sabily pada kelompok keaksaraan
fungsional. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan: (1) sebanyak 32 warga
belajar atau sekitar 45,71% mempunyai kemampuan sangat baik dalam
memahami, membaca, dan menulis kata; (2) sebanyak 26 warga belajar atau
sekitar 45,71% mempunyai kemampuan baik dalam memahami, membaca, dan
menulis kata; (3) sebanyak 5 warga belajar atau sekitar 7,14% mempunyai
kemampuan cukup dalam memahami, membaca, dan menulis kata; dan (4)
sebanyak 1 warga belajar atau sekitar 1,43% mempunyai kemampuan kurang
dalam memahami, membaca, dan menulis kata. Skor rata-rata 70 warga belajar
dalam memahami, membaca, dan menulis kata sebesar 83,65% dan termasuk
dalam kategori baik. Hasil penelitian menyarankan tutor dan pihak pengelola
PKBM untuk menggunakan modul pembelajaran keaksaraan untuk
mempermudah warga belajar mengenal, menulis, dan membaca huruf.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.07 Eli p |
Keywords: | Pengembangan, Keaksaraan, Literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 04:31 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29537 |