Kesuma, Harna Edy (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5123311012 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.5123311012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. NIM.5123311012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM.5123311012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM.5123311012 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM.5123311012 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM.5123311012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM.5123311012 APPENDILES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM 5123311012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM.5123311012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 5123311012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan Model pembelajaran yang dapat meningkatkan Motivasi belajar dan Hasil Belajar Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Teori Tegangan pada Konstruksi Bangunan di Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 34 orang siswa.
Instrument penelitian ini merupakan angket motivasi belajar dan hasil belajar. Uji coba instrumen angket motivasi belajar terdiri dari 38 soal dan terdapat 31 soal valid dengan uji reabilitas angket didapat 0,94 (sangat tinggi). Uji coba instrument hasil belajar terdiri dari 30 soal pada siklus I dan terdapat 23 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 14 soal mudah dan 9 soal sedang, uji daya pembeda tes didapat 14 soal cukup dan 9 soal baik, uji reabilitas tes didapat 0,918 (sangat tinggi). Pada siklus II terdapat 30 soal dan diperoleh 23 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 13 soal mudah, 8 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes terdapat 2 soal cukup, 19 soal baik dan 2 soal sangat baik, uji reabilitas tes didapat 0,893 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil apabila motivasi belajar meningkat dan hasil belajar siswa memperoleh nilai KKM ≥ 75 dan berhasil secara klasikal jika 100% siswa yang tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan motivasi belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 100,94 dan meningkat pada siklus II menjadi 109,65 dan persentase kelulusan tuntas 100%. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata sebesar 81,46 dengan persentase kelulusan 79,41% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,85 dengan persentase kelas mencapai kelulusan tuntas 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai TA. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 019 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based learning; Motivasi Belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 11:09 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29501 |