BR SEMBIRING, SRI WULAN SARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133113029_COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 1133113029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM. 1133113029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 1133113029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 1133113029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6. NIM. 1133113029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
7. NIM. 1133113029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM. 1133113029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 1133113029_BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
10. NIM. 1133113029_BAB II.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
11. NIM. 1133113029_BAB III.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12. NIM. 1133113029_BAB IV.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM. 1133113029_BAB V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM. 1133113029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
15. NIM. 1133113029_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan sosial-emosional anak
usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok B yang ada di TK Assisi
Medan yang berjumlah 110 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel secara acak dengan undian. Pengambilan pertama yakni memilih kelas eksperimen dan kelas Kontrol dengan pengundian 2 dari 5 kelas . pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yakni kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen 25 orang anak dilakukan model pembelajaran Numbered Heads Together dan pada kelas kontrol dengan 25 orang anak dilakukan pembelajaran model demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 6, nilai tertinggi 12 dan nilai rata-rata 10,4 yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 4 dan nilai tertinggi 11 dengan rata-rata 7,84. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai = 4,76; nilai ini dibandingkan dengan nilai dengan (dk = + ) – 2 = 48 dan taraf α = 0.05). Nilai dengan taraf α = 0.05 diperoleh 1,694. Sehingga dapat disimpulkan ˃ atau 4,76 ˃ 1,694. Dengan demikian hipotesis ditolak dan diterima, sehingga dapat dinyatakan “Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 007 |
Keywords: | NUMBERED HEADS TOGETHER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 15:48 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29472 |