SIPAHUTAR, YUNITA (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK NEGERI 1 PANGKATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8156172052 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 8156172052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 8156172052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3. NIM. 8156172052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 8156172052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 8156172052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
7. NIM. 8156172052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 8156172052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
12. NIM. 8156172052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan kreatif siswa SMK Negeri 1 Pangkatan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat 4D menurut Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi, dihasilkan perangkat pembelajaran berbasismasalah yang valid. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari: (1) Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP); (2) Buku Siswa (BS); (3) Lembar Aktivitas Siswa (LAS); (4) Tes Kemampuan Metakogisi (TKM); dan (5) TesKemampuanKreatifitas (TKK) yang dapat dilihat pada lampiran. Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan telah memenuhi criteria efektif ditunjukkan oleh ketuntasan klasikal siswa terpenuhi, aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan, respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif.Peningkatan kemampuan Metakognisi siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan adalah rata-rata pencapaian kemampuan Metakognisi siswa pada ujicoba I sebesar 73,68 meningkat menjadi 86,84 pada uji coba II dan rata-rata setiap indikator kemampuan Metakogni sisiswa meningkat dari uji coba I keuji coba II.Peningkatan kemampuan Kreatifitas matematik siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan adalah rata-rata pencapaian kemampuan Kreatifitas matematik siswa pada uji coba I sebesar 77,19 meningkat menjadi 81,57 pada uji coba II dan rata-rata setiap indikator kemampuan Kreatifitas matematik siswa meningkat dari ujicoba I keuji coba II.Proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari proses jawaban siswa pada uji coba I
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | PENGEMBANGAN, PERAngkat pembelajaran, pmr dan kemampuan metakognisi dan kreatif matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 15:44 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29469 |