Siregar, Ummi Aisyah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR BERBENTUK ANIMASI UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192028 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 8156192028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM 8156192028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8156192028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 8156192028 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM 8156192028 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8156192028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 8156192028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8156192018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM 8156192028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 8156192028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa belajar secara konkret belum terpenuhi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dan implementasi guru belum ada untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kebutuhan dalam menggunakan media pembelajaran teks prosedur yang tersedia untuk siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan; mengembangkan media pembelajaran teks prosedur berbentuk animasi dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran teks prosedur berbentuk animasi dengan mengacu pada kriteria kualitas produk oleh Nieveen. Menurut Nieveen suatu produk dikatakan baik apabila memenuhi tiga kriteria kualitas produk yaitu: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Thiagarajan yaitu model 4-D (four D models). Rancangan uji coba pada penelitian ini menggunakan desain one group pretes–posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran teks prosedur berbentuk animasi sangat dibutuhkan siswa agar situasi belajar lebih konkret, menarik, dan menyenangkan, (2) perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran teks prosedur berbentuk animasi yang dikemas dalam compact disk dan telah memenuhi kriteria valid dari tim ahli: persentase skor penilaian ahli desain media pembelajaran mencapai 92%, ahli media pembelajaran mencapai 100%, ahli materi mencapai 85%, dan ahli bahasa mencapai 98%. Persentase skor penilaian dari masing-masing ahli tersebut berada pada klasifikasi sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran disimpulkan berdasarkan respon siswa dan respon guru: respon siswa terhadap media pembelajaran pada uji coba II mencapai rata-rata persentase 92% pada kriteria praktis, respon guru terhadap media pembelajaran pada uji coba I mencapai persentase 96% pada kriteria praktis. Keefektifan media pembelajaran disimpulkan berdasarkan hasil posttest siswa pada uji coba I dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5% pada kriteria sangat baik atau dinyatakan tuntas, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa disimpulkan berdasarkan pretest dan posttest yang dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,73 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Sir p |
Keywords: | media pembelajaran, teks prosedur, animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 08:37 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29468 |