Pasaribu, Sabrina Pinta Uli (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191017 - COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 8156191017 - APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3. NIM 8156191017 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 8156191017 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM 8156191017 - TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 8156191017 - TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 8156191017 - ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8156191017 - LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 8156191017 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM 8156191017 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8156191017 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar, kelayakan bahan ajar, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Gajah Mada Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi dibutuhkan oleh siswa kelas X, bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis inkuiri pada aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 85,15%, pada aspek kelayakan bahasa berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 84,61%, pada aspek kelayakan penyajian berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 88,46%, pada aspek kegrafikaan berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 86,25%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar ini menunjukkan kategori “sangat baik” dengan rata-rata 88,69. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berupa modul menulis teks laporan hasil observasi berbasis inkuiri dibutuhkan, layak, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini untuk memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi teks laporan hasil observasi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 11 Pas p |
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, modul, teks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 08:26 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29467 |