PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS-1 DI SMA NEGERI 1 TINADA TAHUN AJARAN 2017/2018

Padang, Derlina (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS-1 DI SMA NEGERI 1 TINADA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3132131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3132131007 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3132131007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3132131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3132131007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3132131007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3132131007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3132131007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3132131007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3132131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3132131007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3132131007 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3132131007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3132131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3132131007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3132131007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3132131007 CHAPTER VI.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3132131007 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 3132131007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 3132131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan
menggunakan media animasi pada pokok bahasan biosfer di kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Tinada. (2) hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan media animasi
(manual) pada pokok bahasan biosfer di kelas XI SMA Negeri 1 Tinada. (3)
Seberapa besarkah pengaruh media animasi pada materi pokok biosfer dikelas kelas
XI IPS SMA Negeri 1 Tinada
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sedangkan sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa 44 orang tiap kelas yang
diambil secara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik komunikasi tidak langsung, tes pilihan berganda kemudian dianalisis
dengan statistik uji t pada taraf signifikan α=0,05.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa
menggunakan media animasi dengan nilai rata-rata 77,63, siswa yang mencapai
KKM ada 81,81% (2) Hasil belajar siswa kelas tidak menggunakan media animasi
(manual) dengan nilai rata-rata 70,5, siswa yang mencapai KKM 63,63%. (3)
Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan media
animasi dengan tidak menggunakan media animasi hal ini ditunjukkan pada uji
hipotesis secara statistik dengan hitung t =2,95 dan tabel t =2,042 dengan dk =22+22– 2=
42 dengan  0,05, karena hitung t  tabel t maka Ho diterima, dengan demikian media
animasi efektif dalam pembelajaran geografi kelas XI pokok bahasan biosfer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 07 Mar 2018 03:23
Last Modified: 07 Mar 2018 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29445

Actions (login required)

View Item
View Item